Menikmati Rinjani dari Segara Anak yang Mempesona

Taman Nasional Gunung Rinjani pernah tutup. Walaupun udah membuka kembali, ada Segara Anak serta Gunung Kondo yg terus memesona.

Pendakian ke pucuk Rinjani di tutup buat Sesaat sesudah gempa 2018. Saya serta sejumlah pendaki mau menyaksikan Rinjani, Segara Anak serta Gunung Baru. Jari ada pilihan lain ialah mendaki ke Gunung Kondo 3.200m dpl lewat desa Tetebatu.

Bukit Kondo atau Gunung Kondo ada di area Taman Nasional Gunung Rinjani di ketinggian 3.200 mtr. di atas permukaan laut yg terdapat di -8.453353, 116.410269 termasuk juga daerah desa Tetebatu, Kabupaten Sikur, Lombok Timur, dari puncaknya kita dapat menyaksikan panorama yg indah ialah: Danau Segara Anak, Gunung Baru Jari serta pucuk Gunung Rinjani dari dekat.

Pendakian Gunung Kondo memerlukan waktu sekurang-kurangnya 2 hari perjalanan yg di awali dari desa Tetebatu yg ketinggian 700 mtr. di atas permukaan laut. Perjalanan diawali di rimba Monyet (tempat wisata rimba di Tetebatu ditempati oleh monyet atau kera) di sini kita dapat menyaksikan kera (monyet) yg banyak sekali serta dari tempat ini kita bisa dengan jelas menyaksikan gunung Kondo sebagai arah kita.

Sesudah berjalan kaki 30 menit dari Rimba Monyet kita akan masuk rimba lebat serta jalan yg kita lewati baru / alami serta merasa dingin sebab banyak pohon yg membuat perlindungan kita dari matahari serta tidak merasa sesudah 1 jam 30 menit kita datang pada tempat pertama buat istirahat di Post satu dimaksud pondok Belanda (mungkin tempat ini dahulunya diperlukan oleh orang Belanda buat beristirahat sebelum menyambung pendakian ke Gunung Kondo).

Sesudah istirahat, kita lakukan perjalanan serta sesudah 30 menit kita akan masuk padang rumput serta pada tempat ini kita bisa menyaksikan desa Tetebatu jauh di belakang, serta Gunung Rinjani di samping kanan berdiri istimewa. Sesudah 1 jam 30 menit kami tinggalkan Pondok Belanda kami menggapai tempat lega yg kami namakan (Pos dua) buat makan siang serta istirahat.

Sesudah makan siang serta istirahat yg cukup kita akan menyambung perjalanan ke tempat bemalam serta jalannya cukup terjal, sampai kita akan menggapai camping ruang sesudah 2 jam waktu normal serta pada tempat ini kita dirikan tenda buat istirahat, makan malam serta menginap di tenda.

Hari ke dua kita akan bangun pagi kira-kira waktu 04.30 buat sarapan serta mimuman hangat. Lantas mendaki saat satu jam ke arah Pucuk Gunung Kondo. Sampai di pucuk kita dapat nikmati panorama matahari muncul dari bagian timur Gunung Rinjani serta panorama Danau Segara Anak yg indah, gunung Baru Jari serta pucuk Rinjani yg menjulang tinggi tembus awan.

Sesudah senang nikmati panorama kita akan turun kembali pada basecamp buat Sarapan ke dua akan menyambung perjalanan kembali pada desa Tetebatu saat 5 jam lewat jalan yg sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *