Melihat Taman Air Mancur Kelas Dunia di Purwakarta

Taman Air Sri Baduga berubah menjadi satu diantaranya pertunjukan menarik di Purwakarta. Bermula dari danau kecil, pertunjukan ini telah berubah menjadi kelas dunia.

Kehendak Purwakarta untuk hidupkan ekonomi kreatif serta pariwisata lokal berubah menjadi fakta untuk membuat air mancur kelas dunia di kota ini. Serta pada tahun 2017, hal tersebut terjadi dengan dapat dinikmatinya pertunjukan air mancur menari dengan cahaya laser berwarna-warni yg sekalian membuatnya jadi air mancur paling besar se-Asia Tenggara. Yang spesial, pertunjukan ini dapat di nikmati dengan gratis.

Taman Air Sri Baduga ini semula adalah satu danau kecil yg dikatakan dengan Situ Buleud. Dalam bahasa Sunda, Situ berarti danau, buleud berarti bundar.

Danau yg ada ditengah-tengah kota serta miliki luas kira-kira 2 hektar ini memang berupa bundar. Air mancur Taman Sri Baduga saat ini miliki kira-kira 100 pipa yang bisa pancarkan air setinggi 10 mtr..

Tidak sukar untuk meraih tempat ini. Cuma kurang lebih 1 jam dari kota Bandung, kita dapat lewat Tol Purbaleunyi serta keluar di pintu tol Jatilihur atau km 84. Dari pintu keluar tol belok kiri, serta cuma memerlukan waktu 10 menit untuk hingga di tempat air mancur ini.

Saya hingga di daerah Taman air mancur kurang lebih jam 7 malam serta jalanan disekitarnya telah penuh dengan kendaraan yg parkir. Untuk membantu jumlah kendaraan, lahan-lahan seperti lapangan sekolah juga digunakan untuk parkir.

Disaksikan dari plat nomer kendaraan yg parkir, pengunjung bukan cuma datang dari dalam kota Purwakarta, namun juga dari Bandung, Jakarta bahkan juga Cirebon. Banyak pula bus pariwisata yg bawa rombongan turis lokal.

Pertunjukan ini terjadi cuma pada Sabtu malam. Di muka pintu masuk, banyak pengunjung telah bergerombol tunggu giliran masuk. Ya lantaran untuk saksikan pementasan ini, kita harus berganti-gantian.

Pementasan pertama telah terjadi kala saya ada serta saya tunggu untuk pementasan ke dua. Lantaran besarnya ketertarikan pengunjung serta tidak ada arah antrean yg disajikan, beberapa ratus orang berjubel di muka pintu masuk tunggu pintu dibuka.

Keluarga yg bawa beberapa anak butuh tambahan berhati-hati lantaran dengan keadaan begitu konsumsi udara berubah menjadi menyusut.

Kurang lebih jam 8 pintu masuk dibuka serta pengunjung berebutan masuk. Daerah air mancur ini miliki kemampuan untuk beberapa ribu pengunjung sampai sesungguhnya pengunjung tak usah kuatir tidak kebagian tempat duduk lantaran di sekitar danau, disajikan 4 baris kursi panjang 4 untuk saksikan pementasan, 2 dibagian depan serta 2 di belakang.

Pementasan mulai waktu 8.30. Saat kira-kira 20 menit, pengunjung disuguhi pancaran air mancur dengan dampak laser warna-warni. Dibarengi alunan musik, air mancur juga meliuk-liuk serta menari.

Kerapkali decak takjub pengunjung terdengar kala pementasan, lebih kala air mancur nampak dari depan bangku pirsawan sisi depan di sekitar danau. Bisa dikatakan, pertunjukan yg disuguhi gak kalah dengan pertunjukan air mancur di Singapura.

Sehabis pementasan tuntas pengunjung disilahkan keluar dari pintu disamping yg tidak serupa. Jangan kuatir kelaparan sehabis saksikan pementasan. Di daerah ini, beberapa jajanan dari mulai batagor, bakso, bapau sampai es duren dapat kita nikmati.

Pementasan air mancur ini dapat di nikmati semua generasi, dari mulai anak kecil sampai orang dewasa. Pas berubah menjadi pilihan wisata diakhir minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *