Kaki Dian Raksasa dari Minahasa

Kaki dian atau pelita merupakan makna yg seringkali didapati dalam Alkitab. Di Minahasa, traveler dapat bertandang ke Kaki Dian yg mempunyai ukuran raksasa.

Kaki Dian mengacu pada tempat pelita dengan tiang penyangga penting serta miliki 3 pasang cabang umumnya berwarna keemasan. Di Minahasa, ada satu object wisata yg miliki menara berwujud kaki dian dalam ukuran besar, sampai-sampai object wisata ini pula disebutkan Kaki Dian.

Tempatnya yg ada di kaki Gunung Klabat bikin tempat ini miliki panorama indah dengan Kota Manado yg terlihat dari ketinggian. Buat ketujuan kesini, pengunjung akan melalui jalan beraspal yg mananjak serta cukup sempit dan berbelok-belok.

Waktu bertandang ke Kaki Dian, keadaan cukup sepi, mungkin lantaran bukan hari libur. Masuk tempat parkir, kami tidak menemukannya penjaga, cuma ada sejumlah beberapa anak muda yg tengah bergaya serta nikmati pemandangan.

Dari tempat parkir, tempat ini terdiri berubah menjadi 2 sisi yg terpisahkan oleh jalan. Sisi yg satu adalah tempat nikmati panorama dengan tempat berbentuk bentangan rumput diselingi bebatuan serta jalan setapak.

Dari tempat berumput ini, pengunjung dapat melhat Kota Manado dari terlalu jauh. Pemandangannya sendiri cukup indah, ada tulisan Minahasa Utara dalam ukuran besar yg sayang sekali telah mulai rusak. Di dekatnya ada banyak pendopo kayu sebagai tempat beristirahat buat pengunjung dan satu warung.

Di bagian lain, ada menara Kaki Dian dengan ukuran seputar 19 m, bercabang 7 dengan lampu dibagian ujungnya. Buat ketujuan menara, pengunjung mesti melalui anak-anak tangga. Di seputar menara ada bangunan yg terlihat kosong, sesaat disekitarnya ditanami bunga-bunga.

Kesan-kesan saya tempat ini kurang tertangani, walau sebenarnya tempatnya bagus. Apabila situasinya lebih baik, mungkin tempat ini akan menarik tambah banyak pengunjung. Pada waktu akan kembali lagi Manado, saya melhat ada satu object wisata yg sedang dibikin di dekat Kaki Dian, tempat serta fasilitasnya terlihat tambah bagus. Jangan s/d didirikannya tempat baru Kaki Dian yg telah lebih dahulu ada akan kehilangan pesonanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *