Hijaunya Alam Riau, Ini Bukit Rimbang dan Baling

Kekayaan alam Riau nampak fakta dari suaka margasatwanya, Bukit Rimbang serta Baling. Disini flora serta fauna endemik Indonesia dapat diketemukan.

Bukit Rimbang serta Bukit Baling satu diantara suaka margasatwa yg terdapat di Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Lokasi ini sebagai habitat asli dari hewan serta tumbuhan unik seperti Raflesia, harimau Sumatera, beruang madu, ikan sungai, serta beberapa burung endemik yang lain.

Kekuatan hasil rimba produksi berbentuk kayu, karet, sawit sebagai satu diantara komoditi pokok. Sampai kini, area Rimbang Baling tenar dengan penebangan liar yg ramai berlangsung.

Diluar itu pada musim penghujan beberapa penebang kayu illegal akan menghanyutkan kayu gelondongan lewat Sungai Subayang, sebagai arah transportasi pokok masyarakat di tepian sungai.

Kabupaten Kampar bersebelahan langsung dengan lokasi Sumatera Barat. Lokasi Sumbar pun sebagai hulu dari sungai besar yg mengalir ke lokasi Riau. Di selama Sungai Subayang, terdapat banyak kampung-kampung tradisionil Melayu yg cuma bisa digapai dengan telusuri arah sungai serta gunakan transportasi piyau, perahu tradisionil penduduk.

Buat ke arah area Suaka Margasatwa Rimbang Baling ini kita harus tempuh perjalanan lebih kurang 2-3 jam dari Kota Pekanbaru gunakan kendaraan roda empat mengarah Barat Daya.

Kendaraan roda empat cuma dapat diperlukan sampai Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Ibukota kecamatannya ada di Gema yg sekaligus juga jadi pusat perekonomian.

Buat datang ke desa yang lain cuma bisa ditempuh dengan gunakan piyau seperti Desa Muara Bio, Desa Batu Songgan, Desa Kota Lama, serta desa-desa yang lain.

Di Desa Tanjung Belit sudah ditingkatkan pariwisata berbasiskan penduduk yg memprioritaskan pada ekowisata. Beberapa daya tarik serta kesibukan yg ada seperti air wisata terjun Batu Dinding, beberapa titik pemancingan ikan, area perkemahan, susur sungai, river tubing, serta trekking rimba.

Diluar itu, seandainya turis mau bermalam saat ini udah mulai disiapkan penginapan berbentuk homestay dalam rumah penduduk. Turis dapat rasakan bagaimana hidup di kampung sembari berliburan.

Di bulan-bulan spesifik anda dapat juga saksikan adat buka lubuk larangan dengan hasil panen ikan yg melimpah. Kalau anda mau libur Lebaran dengan keadaan alam serta lansekap yg masih asri yuk kita main ke Suaka Margasatwa Rimbang Baling. CP: Bapak Mansur 085278825904

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *