Gunung Poppa, Tempat Para Dewa Bertahta di Myanmar

Myanmar punyai salah satunya pertunjukan wisata yang unik. Ini dia Poppa, gunung tempat banyak roh tinggal.
Orang di masa lalu punyai keyakinan jika gunung yaitu tempat suci contoh-contohnya Bangsa Yunani yang memandang Gunung Olympus jadi istana Zeus, Apollo, Hera serta dewa-dewa yang lain jadi bangsa Myanmar menghargai Gunung Poppa tempat dimana banyak nat (roh penjaga seperti dengan Dewa tinggal.

Lalu apa nat ?Serta kenapa mereka dipuji bahkan juga penduduk membangun kuil khusus buat mereka. Nnat dalam bahasa Myanmar nat bermakna roh penjaga. Jauh sebelum kehadiran Agama Hindu serta Budha ke Myanmar orang Myanmar kala itu udah punyai keyakinan atas kebolehan gaib yang ada di luar manusia.kebolehan ini ada yang baik serta juga ada yang tidak baik kekautan ini dikatakan Nat.

Nat dipandang mempunyai kekuatan besar serta pendudukpun memohon barokah serta keselamatan pada nat yang mereka puja jadi balasannya penduduk berikan persembahan serta menghadirkan perayaan untuk nat.yang kerap diketahui yaitu 37 nat yang dipuji orang Myanmar akan tetapi keseluruhannya tambah besar lantaran ada nat yang dipuji di etnis tersendiri akan tetapi tidak di etnis yang lain.

Nat Datang dari manusia biasa yang dihormati rakyat mereka dapat sebagai seseorang raja,jenderal,permaisuri serta putri raja,bangsawan,biksu serta karier yang lain yang biasanya wafat dengan ironis.

Dari lapangan terbang kami makan waktu kurang lebih 2 jam untuk datang di mount poppa di gerbang ketujuan gunung poppa ada chinthe besar berbarengan banyak peziarah yang lain kami mengawali naiki anak tangga ketujuan keatas perjalanan keatas benar-benar melelahkan dalam perjalanan kami menemui sejumlah kuil yang didekasikan buat banyak nat akan tetapi yang penting konsisten ada pada pucuk sesuai sama di object wisata yang lain di kiri-kanan jalan tangga ketujuan keatas banyak pedagang yang jual barang dagangannya baik berwujud bunga,hio untuk persembahan,kacang untuk kawanan monyet atau souvenir berwujud lukisan,ukiran,patung.

Jadi tempat suci pengunjung yang mau naik keatas harus menitipkan sepatu atau sandal mereka di area buat menitipkan atau kalau bawa plastik sendiri bisa masukkan ke dalam plastik yang dibawa.gunung poppa ditempati banyak kera banyak pengunjung bisa berikan mereka kacang yang dipasarkan banyak penjual biasanya kera-kera ini berteman serta tidak mengganggu akan tetapi sebaiknya pengunjung konsisten perhatikan barang yang mereak bawa pula.

Jadi tempat suci bersemayamnya nat terdapat banyak nat yang dipuji di tempat ini.akan tetapi sosok nat yang paling dipuji di tempat ini yaitu Me Wunna serta putranya Min Gyi serta Min Lay, Suami Me Wunna Byatta dan Mahagiri Nats juga di kenal jadi Thagyamin sebagai raja seluruhnya Nat. Di gunung poppa kita akan menemukannya patung serta kuil yang diberikan untuk nat-nat itu.

Buat pengunjung yang hadir ke mount poppa dilarang memakai pakaian berwarna merah,hitam atau hijau serta bawa daging lantaran perihal itu dipandang menentang nat serta bisa bawa bencana kalau dilanggar

Tiap tahun ada festival di gunung poppa dimana penduduk myanmar ramai-ramai hadir serta berikan persembahan pada nat.di gunung poppa dalam 1 tahun akan ada 2 festival untuk nat festival pertama diselenggarakan pada bulan purnama di bulan nayon(kalender Myanmar) yang kalau di cocokkan dengan kalender barat jatuh di bulan mei atau juni sedang festival ke dua terjadi kala bulan purnama di bulan nadaw (kalender Myanmar) atau di bulan November atau desember.tidak cuman festival ini ada festival menghargai nat akan tetapi rasionya lebih kecil seperti festival kala bulan purnama di bulan wagaung (kalender Myanmar) atau bulan juli atau agustus di kalender barat serta tagu di bulan maret atau april yang rayakan keberangkatan Min Gyi serta Min Lay.

Dalam perjalanan ketujuan pucuk kami mengujungi sejumlah kuil untuk nat dari sana kami lihat Nat-Nat memakai pakaian rutinitas Myanmar sayang kami tidak dapat jelas beberapa nama Nat tersebu.Meskipun ada info akan tetapi terdaftar dalam Bahasa Myanmar sampai kami tidak jelas untuk nat siapakah ruangan pemujaan ini dibuat.dalam ruangan pemujaan ada teristimewa untuk satu nat juga ada sejumlah nat pada suatu ruang tidak cuman patung nat kami lihat patung-patung budha di tempat ini.

Kala mendatangi ruangan pemujaan kami bersua umat yang sedang berdoa.usai berdoa mereka berikan persembahan berwujud uang kertas yang dilipat ke patung nat itu. uang kertas itu ada yang ditempatkan dalam keranjang kayu berisi persembahan untuk nat yang berisi buah kelapa hijau dan setandan pisang hijau juga ada yang ditempatkan di antara jari patung budha atau nat itu bahkan juga pada tempat bunga yang terdapat dekat patung uang-uang kertas itu ada juga dapat disebutkan hampir di sekitar patung budha atau nat di gunung poppa penuh dengan uang baik mata uang kyat, yuan, bahkan juga USD ada juga.kotak-kotak kaca tempat menaruh sumbangan penuh dengan uang kertas bahkan juga hinga tempat tidur penjaga tempat pemujaan itu juga penuh uang.

Dipucuk paling atas ada biara Budha serta pagoda berwarna kuning keemasan berdiri dengan anggun pada tempat ini kita bisa lihat seluruhnya daerah gunung poppa. Pagoda yang ada di tempat ini punyai pagoda-pagoda yang lebih kecil yang berdiri di sekitarnya.banyak pelancong yang sekadar sekedar duduk atau bersangga di pagar besi yang batasi daerah ini.dari tempat ini ada banyak tangga turun kebawah akan tetapi lebih baik kalau kita turun ikuti jalan kita naik barusan lantaran lebih aman ketimbang jalan turun yang lain.

Dari Gunung Poppa kami ketujuan Kota Tua Bagan sebagai object wisata paling disukai banyak orang dimana ada beberapa ribu candid an pagoda yang dibuat di waktu Kerajaan Bagan.bial mau mendatangi seluruhnya candid an pagoda di Kota Tua bagan tentu akan memerlukan waktu beberapa hari. Dari Gunung Poppa ketujuan Kota Tua Bagan kami tempuh perjalanan saat 1,5 jam kami datang di kota tua bagan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *