Fakta Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Ketahui Setelah Berkunjung Kesana!

Udah lumayan lama saya kenal berkaitan kehadiran obyek wisata Danau Toba. Dari pelajaran Geografi disaat SD serta SMP nampaknya nama danau paling besar di Asia Tenggara ini pula sekian kali disebutkan. Hanya ya saya cuma dapat memikirkannya saja. Lantaran memang saya tidak pernah bertandang ke danau yang ada di Sumatera Utara ini.

Tempatnya sendiri memang cukup jauh dari sejumlah kota. Medan yakni kota besar paling dekat sebagai akses pokok ke arah ke obyek wisata Danau Toba. Untuk pergi ke Kota Medan cukup ringan, lantaran Medan punyai Lapangan terbang Internasional Kualanamu. Ada sejumlah keberangkatan agenda kereta api Medan Kualanamu sehari-harinya. Ini semestinya membuat mudah untuk pergi ke Medan serta menyambung perjalanan ke daerah wisata Toba.

Baru pada tahun 2019, dalam rencana touring dari 0 Km. Indonesia di Sabang ke arah Gresik sejauh 5000 km++, saya dapat singgah ke obyek wisata Danau Toba ini. Serta, nyata-nyatanya seperti yang banyak diibaratkan sampai kini baik di buku pelajaran atau di situs yang membicarakan satu diantara obyek wisata di Sumatera Utara ini, ukuran danau nyata-nyata benar raksasa.

Bukti Tempat Wisata Danau Toba Yang Saya Pahami Selesai Bertandang Ke sana!

Tak rugi saya berkendara dari Medan Ke Toba. Lantaran saya tidak sekedar dapat nikmati keindahan danau, namun saya pula paham berbagai hal berkaitan obyek wisata Danau Toba yang tidak sempat tercatat di buku sekolah zaman dulu. Sejumlah salah satunya dapat coba saya tulis dibawah berikut ini.

1. Berkunjung ke Tempat Wisata Danau Toba Tak Hanya Bertemu Danau!
Realitanya memang kamu tak kan hanya dapat lihat danau saja disaat berkunjung ke tempat ini. Memang sich daya tarik terpentingnya yakni Danau Toba tersebut. Tapi, selesai saya berkunjung ke serta sudah sempat mengitari 1/2 dari danau ini, nyata-nyatanya ada beberapa obyek wisata menarik di kurang lebih danau.

Dimulai dengan wisata Pulau Samosir, sampai wilayah obyek wisata Kota Parapat sampai obyek wisata mempunyai konsep kekinian ada juga. Disekeliling pesisir obyek wisata Danau Toba kini banyak muncul “tempat wisata selfie” untuk yang seneng mencari photo Instagram. Antara lainnya yakni wisata pemandangan selfie Batu Lihi Star. Namun dari semua tempat itu, yang sangat menarik menurut saya yakni obyek wisata Air Terjun Sipiso Piso yang ada tak jauh dari danau ini.

2. Ada Banyak Penginapan Di Dekat Danau Toba
Sebelumnya saya duga sedikit pilihan bermalam di dekat danau. Nyata-nyatanya pariwisata tempat ini cukup siap. Untuk ruang obyek wisata Danau Toba yang paling dekat dari medan yakni Parapat. Ini yakni suatu kelurahan yang berada di dekat Toba, tapi dapat di katakan ramainya dekati suatu kota. Ada beberapa hotel serta penginapan yang ada di pinggir danau Toba di tempat ini.

Maka bila kamu ada dari arah Kota Medan serta tidak punyai banyak sekali waktu, dapat bermalam di Parapat saja. Terkecuali itu di Pulau Samosir pula ada banyak penginapan serta hotel yang layak buat yang mau coba berliburan ke Danau Toba. Sejumlah hotel atau penginapan di dekat Danau Toba yang dapat kamu pilih ada berikut ini ya :

Air Terjun Sipiso Piso ini ada di dekat daerah wisata Danau Toba.
Star Beach Hotel, Jalan Justin Sirat Long Beach Ajibata Parapat, Parapat, Sumatera Utara.
Taman Simalem Resort, Jalan Raya Merk Sidikalang Km.9, Silahisabungan, Sumatera Utara.
Star Hotel Parapat, Jl.Kebudayaan No.7 Parapat , Parapat, Sumatera Utara.
Toba Village Inn, Jalan Lingkar, Tuk tuk Siadong, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
Hotel Niagara Parapat, Jalan Pembangunan No. 1 Parapat Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
Inna Parapat, Jl.Marihat No.01 , Parapat, Sumatera Utara.
Samosir Cottages Resort, Jalan Lingkar Tuk Tuk , Pulau Samosir, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
Anju Cottages, Jl. Lingkar Tuk Tuk Siadong Tumba Manurun, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
Pandu Lakeside Hotel Parapat, Jalan TPR No. 12 Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
GM Marsaringar Hotel, Jalan Gereja No. 32, Balige, Sumatera Utara, Indonesia.
Samosir Villa Resort, Samosir Jalan Lingkar Tuk Tuk, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
Lekjon Cottage, Jalan Lingkar Tuktuk Siadong, Samosir, Tuktuk Siadong, Sumatera Utara.
Danau Toba International Cottage Parapat, Jl. Nelson Purba No. 4, Parapat, Parapat,Sumatera Utara.
Hotel Sedayu, Jalan Sisimangaraja No. 171, Parapat, Sumatera Utara.
Sapadia Parapat, Jalan Josep Sinaga No 2, Kab. Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
Parbaba Beach Hotel, Jalan Raya Lintas Pangururan – Simanindo KM.10, Samosir, Sumatera Utara.
Atsari Hotel Parapat, Jalan Kol. TPR. Sinaga No. 9,kab Simalungun,kec Girsang Sipangan Bolon, Parapat, Sumatera Utara, Indonesia.
Parapat View Hotel, Jl. Sidaha Pinto No. 7 Parapat, Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Parapat, Sumatera Utara.
Nabasa Hotel Balige, Jalan Siliwangi No. 08 Balige, Toba Samosir, Balige, Sumatera Utara.
Opriss Hotel, Jalan Justin Sirait No.30 Ajibata, Toba Samosir, Parapat, Sumatera Utara, Indonesia, 21174
3. Danau Toba Yakni Hasil Dari Letusan Super Volcano!

Teknik paling asyik untuk menjajahi kaldera toba yakni mengelilingnya dengan sepeda motor.
Jadi yang menyukai peristiwa serta geografi, saya semestinya cari tahu info berkaitan peristiwa obyek wisata Danau Toba ini. Kebetulan di hotel tempat saya bermalam disaat di Pulau Samosir menyiapkan info itu. Ya, beberapa ratus ribu tahun yang lampau ruang ini yakni suatu super volcano. Diketahui dengan nama Gunung Toba, serta dari analisis udah terdaftar sempat meletus kurang lebih 3 kali.

Diprediksikan Gunung Toba sempat meletus pertama pada kala kurang lebih 800 ribu tahun yang lampau. Selain itu letusan ke-2 berlangsung pada kala kurang lebih 500 ribu tahun yang lampau. Serta pada letusan ke-tiga yang membuahkan kaldera raksasa serta Danau Toba berlangsung pada kala kurang lebih 74.000 tahun yang lampau. Tidak kebayang letusannya seperti apa jika hasilnya kaldera raksasa sebesar Danau Toba kini. Apa masih akan meletus ya?

4. Nyata-nyatanya Saya Masih Berkunjung ke Tersisa Super Volcano Yang Masih Aktif
Dikatakan jika masih ada peluang tersisa dari Gunung Toba purba ini meletus serta erupsi . Tapi tak ada seorangpun yang mengetahui kapan dapat meletusnya. Tapi yang pastinya, gunung berapi yang ada di tempat ini terhitung kaldera yang mengitari Danau Toba serta Pulau Samosir ini masih aktif!

5. Kaldera Purba Danau Toba Menyerupai Dengan Kaldera Tengger.
Kebetulan saya pernan sekian kali berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta touring melalui kaldera tengger yang berisi lautan pasir. Nyata-nyatanya jika dicermati , kaldera yang mengitari daerah obyek wisata Danau Toba ini menyerupai dengan kaldera tengger yang berada di TNBTS. Perbedaannya jika ditenhah kaldera tengger yakni lautan pasir, di Toba berwujud air yang membuat Danau Toba.

6. Daerah Wisata Danau Toba Sebetulnya Yakni Wilayah Riskan Petaka
Tidak cuman lantaran masih aktif, daerah wisata di Sumatera Utara ini memang sebagai wilayah yang cukup riskan dengan petaka alam. Banyak di perjalanan dari Medan ke Parapat saya sudah sempat menjumpai wilayah riskan longsor. Biarpun petaka dapat berlangsung kapanpun serta dimanapun, lebih baiknya kamu pula siaga serta tahu arah evakuasi disaat berlibur ke daerah wisata Toba.

7. Danau Toba Yakni Salah Satu Arah Wisata Di Sumatera Terpilih
Obyek wisata Danau Toba ini salah satunya arah wisata yang digemari banyak orang. Baik untuk penduduk yang tinggal di kurang lebih daerah danau, wisatawan dari propinsi lain seperti saya, sampai wisatawan luar negeri. Bahkan juga pada masa tahun 90-an, tempat ini banyak disinggahi pelancong asing yang datang dari Malaysia, Singapura, Jepang, Belanda, Eropa, Korea serta Amerika. Mungkin lantaran ingin tahu bagaimana bentuk dari danau paling besar di Asia Tenggara kali ya?

9. Ada Danau Di Dalam Danau Toba
Eh bagaimana tujuannya? Jadi nyata-nyatanya di Pulau Samosir yang ada ditengah-tengah obyek wisata Danau Toba ini pula ada danau indah. Maka itu tidak salah pula jika di katakan ada danau dalam danau. Dua danau yang ada di Pulau Samosir itu yakni Danau Aek Natonang serta Danau Sidihoni.

10. Luas Danau Toba Lebih Besar Dari Singapura
Tidak salah benar-benar jika danau ini di katakan indah. Luasnya saja dapat semakin besar ketimbang negara Singapura. Butuh kamu pahami jika luas dari Singapura yakni 721,5 km. persegi. Selain itu luas dari obyek wisata Danau Toba ini sebesar 1.130 km. persegi. Jadi jika contohnya kamu mindahin Singapura ke danau di Sumatera utara ini masih ada tersisa dikit.

Saat ini saya ingin share bukti berkaitan peristiwa letusan dari Gunung Toba!

11. Letusan Toba Purba Konon Sudah sempat Turunkan Suhu Bumi
Siapa duga jika letusan gunung yang ada di daerah wisata Danau Toba ini dapat membuat perubahan iklim global bumi pada masa lampau. Mencuplik dari wikipedia perihal petaka Toba di tempat ini, seseorang pengamat dari New York University mengatakan jika erupsi dari Gunung Toba pada kala itu sudah sempat turunkan suhu dunia hingga sampai 5 derajat celcius. Mungkin saja pada kala itu Jakarta lebih dingin ketimbang dengan saat ini ya gaes.

12. Debu Vulkanik Toba Terlempar Hingga sampai Beberapa ribu Km.
Karena amat dahsyatnya letusan Toba masa itu, debu hasil letusan bahkan juga sudah sempat diketemukan di wilayah Malaysia, sampai di 3.000 km. ke utara di wilayah India tengah. Cukup jauh pula ya? Tidak terkejut sich, jika lihat ukuran obyek wisata Danau Toba kini, letusannya pastinya amat mengagumkan.

13. Letusan Gunung Toba Sebabkan Kepunahan Sejumlah Spesies
Letusan Toba ini memang sudah sempat mengakibatkan musim dingin vulkanik serta turunkan suhu dunia di antara 3 sampai 5 °C (5,4 sampai 9,0 °F), serta sampai 15 °C (27 °F) di wilayah lintang atas. Lantaran itu pula sebabkan kepunahan sejumlah spesies yang berada di Bumi. Siapa yang menduga jika dampak letusan gunung yang saat ini berubah menjadi obyek wisata Danau Toba ini cukup mengagumkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *