Air Terjun Coban Rondo dan Legenda Cinta Segitiga

Berliburan ke Malang, coba bertandang ke Air Terjun Coban Rondo. Ada suatu legenda perihal cinta segitiga di sini.
Obyek wisata di Kota Malang akhir-akhir ini tengah naik daun dengan beberapa ragam object wisata pilihan yang bisa di nikmati. Mulai dengan yg modern seperti Jawa timur Park atau Batu Secret Zoo sampai yg kuno tetapi tetap banyak di gandrungi beberapa turis seperti agrowisata petik apel, Taman Bunga Selecta sampai pendakian di Gunung Bromo.

Nah, salah satunya object yg belumlah banyak didapati banyak orang-orang, akan tetapi kemungkinan pilihan buat turis yaitu Air Terjun Coban Rondo.

Nama ‘Coban Rondo’ dalam bahasa Jawa bermakna ‘air terjun janda’, akan tetapi apa makna nama yg tersemat pada air terjun ini? Ada satu cerita susah dibalik penamaan air terjun ini. Legenda lokal katakan satu orang putri bernama Dewi Anjarwati yg dipinang oleh satu orang pangeran bernama Baron Kusuma. Sesudah 35 hari menikah, Baron Kusuma akan bawa Dewi Anjarwati ketujuan tempat tinggalnya di Gunung Anjasmoro.

Ditengah-tengah perjalanan, mereka berjumpa dengan satu orang pemuda bernama Joko Lelono yg nyatanya terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati serta akan merebutnya. Baron Kusuma yg tidak terima lalu mengungsikan Dewi Anjarwati ke suatu air terjun tersembunyi. Sesudah mengungsikan Dewi Anjarwati, Baron Kusuma lalu beradu gelut dengan Joko Lelono.

Pertempuran di antara Baron Kusuma serta Joko Lelono terjadi seru sampai pada akhirnya kedua-duanya saling meninggal. Dengar berita itu, Dewi Anjarwati patah hati. Rasa sedih yang dalam membuat tidak keluar dari air terjun itu.

Berdasar status Dewi Anjarwati yg lalu jadi janda (rondo) serta aura rasa sedih Dewi Anjarwati yg ditinggal sang suami, menimbulkan mitos seandainya sepasang kekasih pergi berkunjung ke Coban Rondo karena itu hubungan tidak akan abadi sesudah itu.

Lepas dari narasi cinta segitiga ironis serta mitos menakutkannya (saya ada kesana bersama dengan orang-tua saya. Toh, mereka masih baik-baik saja hubungan) Coban Rondo yaitu tempat yg serasi buat nikmati udara sejuk yang fresh unik Kota Malang. Dengerin deburan nada air terjun sambil nikmati jagung bakar yg dapat dibeli di parkiran object wisata.

Eh! Namun tetaplah harus hati-hati ya, sebab di Coban Rondo ini adalah habitat buat beberapa kera-kera liar seperti Monkey Forest di Ubud, Bali. Kera-kera ini ikut nikmati situasi sejuknya air terjun, tidak tahu sendiri atau bergerombol. Jadi, terus lihat barang bawaan disaat berkunjung ke Coban Rondo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *