4 Tempat Wisata di Alor yang Wajib Dikunjungi

Labuan Bajo serta Sumba di NTT telah diketahui di golongan traveler. Namun jika Alor, nah inilah permata tersembunyi dengan 4 destinasinya yg istimewa.

Labuan Bajo serta Sumba sebagai tempat sebagai daya tarik di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) serta banyak diketahui di golongan traveler. Namun, siapa kira ada pulau di ujung timur NTT yang tawarkan banyak keindahan alam, terlebih keindahan lautnya. Tidak hanya itu kita bisa juga nikmati wisata budaya serta histori disana. Hidden gem di timur Indonesia itu ada di Kabupaten Alor.

Kabupaten dengan luas lokasi 2.864,6 km persegi ini cuma bisa dibuka lewat udara serta laut. Transportasi ketujuan Alor masih termasuk cukup ringan, lantaran ada penerbangan tiap hari serta kapal laut yang hampir tiap hari. Buat ketujuan kesana, kita mesti lewat ibukota NTT, ialah Kupang.

Ada banyak tempat menarik yg kudu Anda singgahi sepanjang di Alor, beberapa salah satunya ialah:

1. Pulau Kepa

Pulau kecil di Barat Laut Alor ini berubah menjadi satu diantara tempat yang perlu kamu singgahi. Pasir pantainya yg halus dan lautnya yg biru serta jernih berubah menjadi daya tarik tertentu. Di pulau ini banyak disajikan pondok-pondok wisata unik ala NTT untuk kamu yg pengen bermalam pada tempat ini. Tidak hanya itu di dekat Pulau Kepa, banyak pula spot snorkeling atau diving dengan keindahan alam bawah laut yg amat cantik.

2. Pantai Sebanjar

Pantai dengan pasirnya yg berwarna putih-pink serta panorama pulau-pulau indah disekitarnya ini benar-benar memberikan hati mata. Bermalas-malasan di bangku enjoy pada sore hari sambil nikmati deburan ombak serta panorama matahari tenggelam merupakan benar-benar soal yg gak terabaikan. Tidak hanya itu di sini pun disajikan penginapan yg cukup unik serta nyaman.

3. Desa Etika Takpala

Gak komplet rasa-rasanya bertandang ke Alor tiada berkunjung ke tempat ini. Desa Etika Takpala telah berdiri sejak mulai tahun 1940-an serta didiami oleh Suku Abui sebagai satu diantara suku paling besar di Alor. Di Desa Etika Takpala, kamu bisa lihat rumah-rumah Etika Takpala yg berwujud piramida dengan 4 tingkat dimana tiap-tiap tingkatnya punyai guna yg berlainan.

Lantas, di sini pun kamu dapat menyewa pakaian etika Takpala dengan ongkos sebesar 50-100 ribu rupiah buat sekadar berpose ria. Juga ada dipasarkan aksesoris-aksesoris hasil kerajinan tangan penduduk sini, seperti gelang, kalung, dan seterusnya. Lalu, lantaran tempatnya yg ada pada ketinggian, kamu bisa juga lihat panorama laut dari desa etika ini.

4. Bertemu dengan Mawar

Siapa itu Mawar? Mawar sebagai mamalia laut tipe dugong yg ada pada seputar Pulau Sika, Alor. Buat lihat dugong ini, kamu mesti naik perahu motor dari sekitaran Pantai Mali. Bea yg digunakan sekitar di antara 300-600 ribu per perahu motor bergantung banyak orang. Nah, selesai datang di tempat yg dituju, umumnya si pawangnya dapat menyebut Mawar secara memukul-mukulkan dayungnya ke air laut. Tak makan waktu lama, Mawar lekas ada. Mawar ini amat manja sekali. Ia suka jika badannya dielus-elus. Untuk kamu yg tertarik lihat beberapa hal unik, kamu kudu bersua dengan Mawar.

Untuk kamu yg pergi ala backpacker, kamu tidak usah kuatir berkaitan transportasi serta fasilitas sepanjang di Alor. Di sini ada persewaan kendaraan baik motor atau mobil. Lalu buat penginapan, banyak pula ada hotel atau homestay di harga dapat dijangkau. Janganlah lupa pulang dari Alor beli oleh-oleh unik Alor, seperti Kain Tenun Alor, Jagung Titi, Kue Rambut, dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *